Sri Mulyani Siap Sisir Sumber Baru Untuk Pacu Penerimaan Pajak

Sri Mulyani Siap Sisir Sumber Baru Untuk Pacu Penerimaan Pajak

SHARE

Jakarta, Newsbisnis.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pertumbuhan penerimaan pajak hingga semester I mendekati 10%. Bahkan menurut Sri Mulyani, beberapa komponen penerimaan pajak meningkat cukup tinggi.

“Kami akan terus mengusahakan, pada semester dua melakukan penyisiran terhadap sumber-sumber penerimaan negara,” kata Sri Mulyani di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Pajak, Jakarta, Jumat, 11 Agustus 2017.

Hingga akhir Juli 2017, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mencatat penerimaan pajak mencapai Rp 601,1 triliun atau 46,8 persen dari target dalam APBN Perubahan 2017. Capaian tersebut, menurut data Ditjen Pajak, tumbuh 12,4 persen dibandingkan tahun lalu.

Sri Mulyani mengatakan kementeriannya akan melakukan extra effort pada semester II ini agar target penerimaan pajak dalam APBN Perubahan 2017 yang telah disetujui oleh Dewan bisa tercapai. “Extra effort-nya sama, menurut sektor dan menurut pelaku ekonomi,” ujarnya.

Data-data yang ada, menurut Sri Mulyani, juga akan dilihat untuk mengidentifikasi sektor-sektor apa saja yang telah pulih sehingga memiliki kapasitas untuk membayar pajak. “Kami akan lakukan secara hati-hati sehingga pertumbuhan ekonomi tidak terganggu,” tuturnya seperti yang dilansir Bisnis.com yang dikutip dari Tempo¬†(11/08/17).

Terkait utang, Sri Mulyani menyatakan akan mengelolanya secara hati-hati. Pemerintah akan terus berupaya agar utang Indonesia berada pada tingkat yang bisa terus dipenuhi dari sisi kewajibannya. “Secara bersamaan, kami juga akan menggunakan utang seproduktif mungkin,” katanya.

Sri Mulyani pun akan memperhatikan beban bunga, cicilan, serta jatuh tempo utang sehingga Indonesia tidak dianggap sebagai negara yang berisiko tinggi. “Selama ini, APBN selalu dibahas secara detail bersama dewan dan sesuai aturan. Saya anggap pengelolaan utang kita sangat baik.”

Sumber : Bisnis.com.

1 COMMENT

  1. I was just looking for this info for a while. After six hours of continuous Googleing, at last I got it in your site. I wonder what is the lack of Google strategy that do not rank this kind of informative web sites in top of the list. Generally the top web sites are full of garbage.

LEAVE A REPLY