Tank Kaplan MT Tiba di Indonesia, Ikut Meriahkan HUT TNI Tahun 2017

Tank Kaplan MT Tiba di Indonesia, Ikut Meriahkan HUT TNI Tahun 2017

SHARE

Newsbisnis.com — Menjelang HUT TNI yang akan dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober nanti di Cilegon Provinsi Banten, akan dimeriahkan atraksi berbagai Alutsista milik TNI dan sebagian besarnya telah hadir di lokasi seperti kapal perang dan berbagai kendaraan militer.

Salah satu yang menarik dari acara ini adalah hadirnya Tank Buatan Pindad-FNSS yang diberi nama Kaplan MT yang merupakan Tank medium terbaru buatan Indonesia dan Turki dan saat ini telah berada di indonesia.

FB_IMG_1506250725736

Tank medium tersebut dikembangkan bersama oleh PT Pindad (Persero), perusahaan milik negara Indonesia yang bergerak dibidang pembuatan senjata dan kendaraan militer, dan FNSS Savunma Sistemleri dari Turki, produsen serta pemasok kendaraan tempur lapis baja terkemuka bagi Angkatan Bersenjata Turki.

Tank Medium Kaplan MT dirancang untuk menghadapi lingkungan pertempuran yang panas dan lembab di wilayah Asia, sesuai rencana akan mulai diproduksi pada tahun 2018. Purwarupa Kaplan MT tersebut akan dikirimkan ke Indonesia menyusul sejumlah pengujian radikal yang dilaksanakan di Turki.

Tank medium Kaplan MT ini dipersenjatai dengan meriam 105 mm yang distabilkan, diberi umpan oleh pemuat otomatis. Senapan mesin 7,62 mm dipasang pada persenjataan utama. Kaplan MT ini akan bertugas untuk memberikan dukungan langsung kepada pasukan TNI yang turun dimedan perang.

Menara tank itu sendiri adalah menara CMI Defense 3015 buatan Belgia, yang menyatukan meriam bertekanan tinggi Cockerill 105 mm dengan autoloader canggih untuk memberikan tingkat kematian tinggi meskipun dengan bobot yang sangat ringan (cuma 35 ton).

Kaplan MT dilengkapi dengan mesin diesel, sistem transmisi dan pendinginan otomatis, yang mampu menghasilkan rasio daya dan berat sebesar 20 tenaga kuda/ton serta mampu melaju pada kecepatan hingga 70 km/jam.

Paket daya tank ini dilengkapi tangki bahan bakar berpendingin menggunakan kipas hidrolik berbasis perangkat lunak cerdas untuk ekstraksi torsi secara optimal dan menghemat bahan bakar, juga dilengkapi dua tangki bahan bakar terpisah memberikan jarak operasi hingga 450 km.

Loading...

Comments are closed.