Lokal Konten dan SDM, Dua Pilar Penting Meningkatkan Daya Saing Industri Otomotif...

Lokal Konten dan SDM, Dua Pilar Penting Meningkatkan Daya Saing Industri Otomotif Nasional

SHARE

JAKARTA, NEWSBISNIS.COM – Industri otomotif Indonesia telah menjadi sebuah pilar penting dalam sektor manufaktur negara ini karena banyak perusahaan mobil yang terkenal di dunia membuka (kembali) pabrik-pabrik manufaktur mobil atau meningkatkan kapasitas produksinya di Indonesia, negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara. Lokal konten dan sumber daya manusia (SDM) menjadi dua hal yang sangat penting untuk meningkatkan daya saing industri otomotif nasional.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini pemerintah tengah mendorong peningkatan di dua hal tersebut. Dengan peningkatan kualitas SDM, maka kemampuan untuk berkreasi dan mengembangkan produk akan semakin meningkat. Alhasil, potensi peningkatan kandungan dalam negeri akan lebih besar.

Menurut Airlangga, SDM dan kandungan lokal itu penting untuk Indonesia karena Indonesia sekarang sudah termasuk ke dalam negara yang global manufacturing, atau negara manufaktur besar, kata Airlangga. Dia menambahkan, industri alat transportasi, termasuk di dalamnya kendaraan bermotor, memiliki pengaruh yang signifikan terhadap ekonomi nasional. Pasalnya, multiplier efek yang ditimbulkan industri ini cukup besar.

Direktur Administrasi, Corporate dan External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bob Azam menambahkan, pemerintah harus melakukan pembinaan terhadap SDM sektor otomotif sesuai dengan arah kebijakan industri ini ke depan. Dia mencontohkan rencana pengembangan kendaraan bertenaga listrik. Menurutnya pemerintah tidak hanya harus memyiapkan infrastruktur, melainkan juga kemampuan tenaga kerja lokal.

Menurutnya, otomotif merupakan sektor industri yang terus mengalami kemajuan teknologi. Dengan demikian, peningkatan kualitas atau kompetensi tenaga kerja juga harus dilakukan dengan perencanaan dan pentahapan yang baik. “Kalau SDM tidak disiapkan, kita bisa hanya menjadi pasar. Kalau di otomotif yang terpenting menyiapkan tenaga kerja untuk masa depan, karena perubahan teknologi sangat cepat.” ungkapnya.

5 COMMENTS

  1. Hi there! I could have sworn I’ve been to this blog before but after browsing through some of the post I realized it’s new to me. Anyhow, I’m definitely happy I found it and I’ll be bookmarking and checking back frequently!

LEAVE A REPLY