Presiden Jokowi Bagikan 1.422 Sertifikat Tanah di Balungun Kaltara

Presiden Jokowi Bagikan 1.422 Sertifikat Tanah di Balungun Kaltara

SHARE

BALUNGUN, NEWSBISNIS.COM – Kasus sengketa lahan yang dialami masyarakat acapkali selalu terjadi. Keluhan masyarakat akan hal ini sampai ke telinga Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Jokowi, setiap ke satu provinsi, keluhan yang di dengar adalah masalah sengketa lahan, sengketa tanah. Hal ini terjadi karena rakyat tidak punya sertifikat yang merupakan tanda bukti hak hukum atas tanah.

Berlatar belakang itulah, Jokowi memberikan perhatian penuh soal ini, persoalan ketimpangan penguasaan tanah dan akses terhadap tanah yang dimiliki masyarakat termasuk tanah yang digunakan untuk tempat tinggal, tempat ibadah, lahan pertanian, hingga pertambakan.

Hari Jum’at yang lalu (06/10/17), di halaman Kantor Bupati Bulungan, Kalimantan Utara, Jokowi membagikan 1.422 sertifikat tanah untuk rakyat di sana. Di acara itu Presiden Jokowi secara khusus mendorong agar tambak-tambak rakyat yang ada di Kalimantan Utara itu segera disertifikatkan.

FB_IMG_1507438627367

Dengan memiliki sertifikat, masyarakat juga bisa memanfaatkannya sebagai penambah modal usaha maupun hal-hal produktif lainnya. Sertifikat itu bisa “disekolahkan” di bank, dengan catatan berhati-hati menghitung nilai pinjaman agar bisa tetap membayar angsurannya.

“Simpan baik-baik, kalau perlu ditaruh dalam plastik agar tak kehujanan bila atap rumah bocor,” pesan Jokowi.

1 COMMENT

  1. you are really a good webmaster. The site loading speed is incredible. It seems that you’re doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterpiece. you have done a magnificent job on this topic!

LEAVE A REPLY