Tekan Penyalahgunaan Narkoba dan Obat Berbahaya, Polres Basel akan Gelar Operasi Sandi...

Tekan Penyalahgunaan Narkoba dan Obat Berbahaya, Polres Basel akan Gelar Operasi Sandi Bina Kusuma ke-2 Tahun 2017

SHARE

TOBOALI, NEWSBISNIS.COM – Banyak keluhan dari orang tua dan masyarakat tentang maraknya penyalahgunaan obat, salah satunya obat batuk cair kemasan yang dioplos dengan minuman tertentu khususnya di daerah Kecamatan Payung dan sekitarnya.

Ketua Komisi 1 DPRD Basel melalui Sekretaris Komisi, Samsir Patholmuin, ST, MM mengatakan hal ini seperti keterangan tertulis yang disampaikan kepada Redaksi Newsbisnis.com, Kamis (12/10/17). Menurut Samsir, Sangat mudah menemukan ratusan bungkus bekas obat batuk cair yang telah digunakan dalam dosis tinggi oleh para pemuda.

“Kemarin sudah terjadi penganiayaan berupa pembacokan di lepar pongok sebagai imbas dari penggunaan obat dan minuman tersebut sehingga berefek halusinasi dari pengguna obat dan minuman tersebut,” ujar Samsir.

Untuk itu, Komisi 1 DPRD Bangka Selatan sudah berkoordinasi dengan Dinas kesehatan Bangka Selatan agar berkoordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta dengan Badan Pengawasan Obat dan makanan (BPOM) perwakilan Bangka Belitung agar menindaklanjuti permasalahan ini dengan mengeluarkan semacam surat edaran kepada toko-toko yang ada di wilayah Bangka Selatan guna membatasi dalam menjual obat batuk kemasan itu dalam jumlah tertentu karena imbas penyalahgunaan obat batuk ini sangat luar biasa terhadap perusakan dan pelemahan mental anak bangsa.

Sementara itu Kapolres Bangka Selatan, AKBP. Bambang Kusnarianto, SIK mengatakan, selain upaya preventif dan represif berupa penggelaran operasi rutin setiap hari yang sudah dan terus akan dilakukan oleh personel Polres Bangka Selatan beserta Polsek jajaran, yang telah mengungkap beberapa kasus yang didapati petugas di masyarakat, kami juga sudah melaksanakan rapat koordinasi untuk menyelenggarakan kegiatan bersifat preemtif selama 2 pekan yang akan melaksanakan Operasi Kewilayahan Sandi Bina Kusuma 2 Tahun 2017.

“Sasarannya kalangan dan tempat yang rentan terhadap terjadinya penyakit masyarakat termasuk penyalahgunaan narkoba dan obat-obat berbahaya. Diharapkan upaya ini mampu memberi efek jera dan menumbuhkan kesadaran serta daya tangkal masyarakat untuk tidak terpengaruh terhadap tawaran-tawaran pemakaian maupun peredaran gelap narkoba,” kata Kapolres saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Kamis pagi (12/10/17)

Kapolres menambahkan, proses hukum secara tegas kepada para pelaku akan terus dilakukan. Selain itu, Kapolres meminta dan berharap agar hal ini menjadi atensi baik orang tua dan guru untuk menunjukkan komitmen serta sinergi khususnya dalam berbagi peran mengawasi keseharian anak-anak dalam melakukan kontrol ketat terhadap perilaku pergaulan anak-anaknya.

“Ayah dan ibu harus berperan, kembali kepada fungsi komponen rumah tangga yang baik dalam mendidik dan mengawasi pergaulan anaknya,” tutup Kapolres.

4 COMMENTS

  1. An interesting dialogue is value comment. I believe that you should write more on this topic, it won’t be a taboo topic however generally persons are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

  2. I was speaking with a buddy of my own on this info and even regarding omega xl for pain too. I believe you made a few great points here, we’re looking forward to find out more information from you.

  3. I loved up to you’ll receive performed proper here. The sketch is tasteful, your authored subject matter stylish. nonetheless, you command get bought an impatience over that you want be delivering the following. unwell certainly come more earlier again since exactly the similar nearly a lot frequently within case you defend this increase.

LEAVE A REPLY