Udin dan Komitmennya Terhadap Dunia Pendidikan di Kota Pangkalpinang

Udin dan Komitmennya Terhadap Dunia Pendidikan di Kota Pangkalpinang

SHARE

PANGKALPINANG, NEWSBISNIS.COM – Calon Walikota Pangkalpinang, Prof. H. Saparudin Masyarif, MT.PhD benar-benar membuktikan keseriusannya untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Buktinya, Udin-sapaan akrabnya, mewakili Rektor Universitas Sriwijaya (Unsri) menutup Program Perguruan Tinggi Asuh (PT Asuh) wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) dan Bangka Belitung (Babel) yang membawahi 6 universitas di Sumsel dan Babel, yaitu Universitas Tridinanti, UIGM, Universitas Baturaja, STKIP Lubuk Linggau, Universitas Taman Siswa dan satu dari Babel, STKIP Muhammadiyah, yang berlangsung dari tanggal 5 sampai 6 Desember, di Hotel Santika.

Udin sendiri merupakan Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan Unsri, yang bertanggungjawab atas pengasuhan universitas-universitas dalam meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi.

Udin yang juga bakal calon Walikota Pangkalpinang 2018 mengatakan kegiatan yang dinaungi Kementerian Riset Dikti Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan itu, digelar agar semua perguruan tinggi dan universitas bisa naik bersama-sama, terutama untuk universitas asuh yang ada di Sumsel dan Babel.

“Kita ingin mengajak perguruan tinggi di bawah asuhan kita bisa naik mutunya, naik sistim pengolahan penjaminan mutu. Ini melingkupi semua sistim akademik perguruan tinggi,” kata Udin.

Udin yakin program asuh ini akan berjalan lancar, terlebih jika mereka menerapkan apa yang telah diberikan oleh pembimbing, maka universitas-universitas itu akan mendapat akreditasi yang baik.

Seperti kata Udin tahun kemarin, ia menelurkan ide untuk penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama dengan beberapa universitas, yang kata dia itu akan membuat penilaian tersendiri di masyarakat bahwa semua universitas itu sama yang bermuara kepada daya saing yang meningkat.

“Jadi idenya, beberapa perguruan tinggi menggelar penerimaan mahasiswa baru secara bersama-sama, nanti semuanya hanya satu kali tes dan mereka (calon mahasiswa) tinggal memilih perguruan tinggi mana yang mau mereka pilih,” jelas Udin, sambil berharap itu nanti bisa diterapkan di Sumsel-Babel.

Udin berjanji bahwa dengan kapasitasnya selaku Ketua Peningkatan Mutu yang menjadi penggerak dari PT Asuh, Unsri akan membuka pintu selebar-lebarnya membantu para PT Asuh di bawah naungan mereka, termasuk universitas di Babel.

Makanya kata dia, selaku orang yang bertanggungjawab meningkatkan mutu pengajaran di Unsri tidak mau setengah-setengah membantu PT Asuh. Tim-tim dari Unsri siap mendampingi hingga para perguruan tinggi itu bisa berjalan sendiri.

“Yang jelas saya memang konsisten meningkatkan mutu pendidikan. Makanya saya meminta ada universitas di Babel yang ikut program peningkatan mutu ini,” tandasnya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY