Padang Tertinggi dalam Mesin Pencarian Google Disusul Bangka Belitung

Padang Tertinggi dalam Mesin Pencarian Google Disusul Bangka Belitung

SHARE

NEWSBISNIS.COM – Padang kata yang paling banyak dicari selama 12 bulan pada 2017 di mesin pencarian Google. Hal ini seiring dengan semakin melejitnya pariwisata Sumatera Barat. Hal itu juga dibuktikan dengan jumlah pencarian tiket pesawat menuju Padang dari seluruh daerah di Indonesia terus meningkat dari bulan ke bulan.

Bahkan, pencarian tiket dari sejumlah kota di Tanah Air menuju Padang selama 12 bulan terakhir menduduki ranking pertama. Hal ini berdasarkan data yang dihimpun Google Indonesia melalui mesin pencari Google Search.

 Gak Nyangka, Kota di Sumatera Ini Paling Populer di Google Search!

Hasil penelitian menunjukkan Sumatera Barat siap menjadi bagian dari sepuluh destinasi prioritas yang dicanangkan pemerintah untuk mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara. Target 20 juta wisman mengunjungi Tanah Air hingga 2019 mendatang tak lagi mustahil.

Wisatawan tertarik datang lantaran Sumatera Barat diakui memiliki bentang alam yang komplet: mulai gunung, lembah, pantai, laut, pulau, hingga persawahan. Kuliner yang ada pun mendunia, seperti rendang. Sedangkan, budaya adat terus dipertahankan.

 Gak Nyangka, Kota di Sumatera Ini Paling Populer di Google Search!
Search Marketing Manager Google Indonesia Mira Sumanti mengatakan setelah Padang, kota yang berpotensi paling banyak diminati wisatawan adalah Bangka Belitung dan Medan. Kedua kota ini menduduki peringkat rising domestic flight destination berturut-turut setelah Padang.

Google Indonesia juga merekap data top three domestic flight destination untuk kota yang paling banyak dikunjungi. Di antaranya Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

Hal yang sama terjadi untuk pencarian akomodasi terpopuler. Jakarta, Yogyakarta, dan Bali masuk lagi dalam list paling banyak dicari pemakai Google Search di Indonesia.

Data ini akan diperbarui setiap bulan, mengingat pengguna Google Search meningkat secara berkala dengan angka mencapai 5 persen. Penambahan jumlah pengguna berpengaruh terhadap riset dan data yang dihasilkan. Selain itu, tren traveling selalu berubah-ubah setiap saat, khususnya tren tempat wisata.

Pemaparan data ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran fitur knowledge panelpada Google App, yang digelar di Surabaya, 21 November 2017. Fitur ini dirilis untuk memudahkan traveler mendapatkan informasi secara lebih cepat, tanpa harus membuka banyak jendela laman. Pengguna juga langsung mengkomparasi hasil pencarian dalam sekali klik.

LEAVE A REPLY