Donald Trump Denda Cina karena Curi Kekayaan Intelektual

Donald Trump Denda Cina karena Curi Kekayaan Intelektual

SHARE

WASHINGTON, NEWSBISNIS.COM – Presiden Donald Trump pada Rabu (17/1) mengatakan Amerika Serikat mempertimbangkan denda besar sebagai bagian dari penyelidikan terhadap dugaan pencurian kekayaan intelektual oleh Cina. Hal itu menjadi tanda paling jelas pemerintahannya akan melakukan langkah perdagangan pembalasan terhadap Cina.

Dalam wawancara, Trump dan penasihat ekonominya Gary Cohn mengatakan Cina memaksa perusahaan AS mengalihkan kekayaan intelektual ke Cina sebagai biaya karena melakukan usaha di sana. AS telah memulai penyelidikan perdagangan terhadap masalah tersebut dan Cohn mengatakan Perwakilan Perdagangan AS akan segera membuat saran mengenai hal itu.

“Kami memiliki peluang kekayaan intelektual sangat besar yang segera keluar,” kata Trump.

Sementara Trump tidak menentukan yang dimaksud dengan denda terhadap Cina, undang-undang perdagangan 1974 yang memberi wewenang penyelidikan dugaan pencurian kekayaan intelektual oleh Cina membuat dia dapat memberlakukan tarif balasan atas barang Cina atau sanksi perdagangan lain hingga Cina mengubah kebijakannya.

Trump mengatakan kerusakan bisa jadi meninggi, tanpa merinci bagaimana angka tersebut tercapai atau berapa biaya yang harus dikeluarkan. “Kami membicarakan kerusakan besar, kami sedang membicarakan angka yang bahkan belum pernah Anda pikirkan,” kata Trump.

Beberapa bisnis di AS mengatakan mereka kehilangan ratusan miliar dolar pada sektor teknologi dan jutaan pekerjaan ke perusahaan Cina yang telah mencuri gagasan dan perangkat lunak atau memaksa mereka untuk menyerahkan kekayaan intelektual sebagai bagian dari harga dalam melakukan bisnis di Cina.

Presiden mengatakan dia ingin AS memiliki hubungan yang baik dengan Cina, namun Beijing perlu memperlakukan AS dengan adil. Trump mengatakan dia akan mengumumkan beberapa langkah terhadap Cina mengenai perdagangan dan mengatakan akan membahas masalah ini selama pidato kenegaraan tahunan “State of the Union” ke Kongres AS pada 30 Januari.

Ketika ditanya tentang kemungkinan perang perdagangan tergantung pada tindakan AS terhadap baja, aluminium dan panel surya, Trump mengatakan dia berharap perang perdagangan tidak akan terjadi. “Saya rasa tidak. Saya harap tidak. Tapi kalau ada, pasti terjadi,” katanya.

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri Lu Kang mengatakan tidak ada undang-undang di Cina yang memaksa investor asing menyerahkan teknologi, namun mengakui hal tersebut dapat terjadi sebagai bagian dari perilaku pasar di antara perusahaan yang bekerja sama satu sama lain.

“Sama sekali tidak ada campur tangan pemerintah dalam tindakan ini. Pada saat yang sama, saya ingin menekankan Cina dengan tegas melindungi hak-haknya yang sah,” kata Lu dalam jumpa pers harian pada Kamis.

Jeffrey Schott, seorang rekan senior di Institut Peterson untuk Ekonomi Internasional, mengatakan penalti berdasarkan Bagian 301 dari Undang-Undang Perdagangan 1974, yang memberi wewenang untuk menyelidiki praktik kekayaan intelektual Cina, mungkin akan mencakup paket tarif dan pembatasan investasi Cina di Amerika Serikat.

“Saya menduga langkah AS akan melibatkan pembatasan di wilayah di mana kami tidak memiliki kewajiban WTO (Organisasi Perdagangan Dunia),” kata Schott.

“Trump suka membicarakan tarif sehingga bisa menjadi bagian dari paket juga. Warga Cina memiliki hak hukum untuk melakukan pembalasan terhadap kenaikan tarif,” katanya.

Sepanjang kampanye pemilihan 2016, Trump sering mengancam akan mengenakan tarif 45 persen untuk barang-barang Cina sebagai cara untuk memberi tingkat lapangan bermain bagi pekerja Amerika. Pada saat itu, dia juga menuduh Cina memanipulasi mata uangnya untuk mendapatkan keuntungan ekspor, sebuah klaim pemerintahannya telah jatuh sejak saat itu.

Trump mengatakan pada Rabu Cina berhenti memenuhi kriteria manipulasi mata uang setelah pemilihannya, dan dia mengatakan bahwa membuat penetapan tersebut saat mencoba bekerja sama dengan Beijing untuk mengendalikan Korea Utara akan menjadi rumit.

“Bagaimana menurut Anda, ‘Hey, tolong bantu saya soal Korea Utara dan saya akan menyebut Anda seorang manipulator mata uang?’ Hal itu benar-benar tidak akan berhasil,” kata Trump.

Presiden juga mengatakan bahwa dia dan Presiden Cina Xi Jinping tidak membahas rencana Cina sehubungan dengan pembelian obligasi Departemen Keuangan AS. Bloomberg melaporkan pada awal bulan ini pejabat Cinayang meninjau kembali kepemilikan valuta asing di negara tersebut telah merekomendasikan perlambatan atau penghentian pembelian obligasi Departemen Keuangan AS.

Trump mengatakan dia tidak khawatir langkah seperti itu akan merugikan perekonomian AS. “Kami tidak pernah membicarakannya. Mereka harus melakukan yang mereka lakukan,” katanya.

25 COMMENTS

  1. We are a group of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your site offered us with helpful info to paintings on. You’ve done an impressive activity and our entire neighborhood will likely be thankful to you.

  2. Very nice post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. After all I will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!

  3. I am really loving the theme of your internet site. Do you ever face any web browser interface issues? A number of my own blog visitors have complained concerning my retail space for lease site not operating appropriately in Internet Explorer but seems amazing in Firefox. Have you got any kind of recommendations to help fix that issue?

  4. After examine a number of of the blog posts in your website now, and I actually like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark web site record and might be checking back soon. Pls take a look at my site as properly and let me know what you think.

  5. Hi! I just would like to give a huge thumbs up for the good information you have got here on this post. I will be coming back to your blog for far more soon.

  6. Great – I should definitely pronounce, impressed with your web site. I had no trouble navigating through all the tabs as well as related information ended up being truly easy to do to access. I recently found what I hoped for before you know it at all. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, website theme . a tones way for your client to communicate. Nice task..

  7. Al Hadi AC Refrigration and Repairing is committed to giving your ACs a new lease of life. We have a team of experienced professionals which has serviced more than a 1000 units, much to the satisfaction of our clients. The effort at Al Hadi has always been to service a call in the shortest span of time and to close it with a happy client. The referrals we get is a testimony to our work. Try our services today!

LEAVE A REPLY