Dirut BPJS Apresiasi Kinerja RSUD Arifin Achmad, Ini Alasannya

Dirut BPJS Apresiasi Kinerja RSUD Arifin Achmad, Ini Alasannya

SHARE

PEKANBARU, NEWSBISNIS.COM – Direktur Utama (Dirut) BPJS Kesehatan, Fachmi Idris mengapresiasi pihak RSUD Arifin Achmad dengan membuka pendaftaran berobat bagi seluruh pasien melalui pesan singkat atau SMS.

Dalam inpeksi mendadak (sidak) ke RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Senin (12/02) siang tersebut Fahmi Idris mengatakan, dirinya sangat takjub melihat perkembagan dari RSUD Arifin Achmad Pekanbaru.

“Banyak fasilitas, sarana dan prasarana yang dibangun sebagai wujud perhatian dari pemerintah daerah. Bahkan pihak RSUD, kini sudah menerapkan sistim pendaftaran via SMS bagi pasien yang ingin berobat,” ujarnya.

Fachmi Idris secara langsung melihat pelayanan yang diberikan kepada pasien BPJS kesehatan dan juga berdialog langsung bersama sejumlah pengunjung dan pegawai RSUD.

“Saya kaget juga, karena infrastruktur yang dimiliki sangat mewah dan membuat nyaman setiap pengunjung yang datang. Untuk wilayah kerja Pak Siswandi yakni Sumbar, Riau, Kepri dan Jambi, baru RSUD Arifin Achmad yang sudah menerapkan sistim pedaftaran atau antrian melalui SMS. Ini akan memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu antri berlama-lama saat datang berobat. Selain itu, kami juga mengembangkan penggunaan aplikasi smartphone seperti Aplicare dan JKN Mobile,” ungkap Fachmi kepada.

Sementara itu Dirut RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Nuzelly Husnedi menambahkan, pendaftaran melalui pesan singkat atau SMS, sudah berjalan sejak awal tahun 2017 lalu dan telah diluncurkan oleh Gubernur Riau pada bulan Agustus 2017 lalu.

“Dengan adanya pendaftaran melalui sistim SMS ini, membuat masyarakat tak perlu mengantri lama di RSUD untuk berobat,” kata Nuzelly.

Atas keberhasilan itu ia mengatakan tidak terlepas dari deputy Direksi BPJS Kesehatan wilayah Sumbagteng Jambi yang dulunya merupakan GM bidang IT di BPJS Kesehatan dan Pemprov Riau yang berkomitmen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Jadi tidak ada salahnya kita terus menjalin kerjasama yang baik dengan BPJS Kesehatan. Kalau sekarang pakai SMS, bisa jadi kedepannya kita akan pakai sistim android yang akan terkoneksi secara online dan bisa diakses warga dengan mudah,” ujar Nuzelly.

Selain pencapaian tersebut ia mengungkapkan pada tahun 2018 Pemerintah Provinsi Riau juga berkomitmen untuk mewujudkan Universal Health Coverage (UHC) di Riau, yang kini baru mencapai angka kepesertaan sekitar 63 persen.

“Dengan menggelontorkan dana sebesar Rp 1,4 triliun untuk bidang kesehatan sehingga tidak ada lagi masyarakat kurang mampu yang terkendala dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dalam kunjungan tersebut hadir Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi – Siswadi, Kepala BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru – Rahmad Asri Ritonga dan Direktur Utama RSUD – Nuzelly Husnedi.

Loading...

Comments are closed.