ICDX dan Pemprov Babel Perkuat Sinergi Menjadi Sentral Timah Dunia

ICDX dan Pemprov Babel Perkuat Sinergi Menjadi Sentral Timah Dunia

SHARE

PANGKALPINANG, NEWSBISNIS.COM – Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) bersama mitra kerja, pemangku kepentingan daerah Babel, dan media dengan tema ‘Bersatu membangun Babel memperkuat sinergi untuk mewujudkan Babel khususnya atau Indonesia sebagai sentral timah dunia.

Pada kesempatan itu, Direktur Utama (Dirut) ICDX, Lamon Rutten mengatakan berdasarkan data ekspor Timah tahun 2018 menjadi tahun luar biasa bagi timah Indonesia.

Data ekspor timah Indonesia tercatat semakin meningkat dan menembus pasar ekspor di beberapa negara diantaranya, Turki Hungaria, Meksiko, Polandia, Bulgaria dan Hongkong yang nilai ekspornya meningkat dibandingkan tahun lalu.

“Total Value sebesar Rp. 177 milliar. Khusus Hongkong dan Polandia meningkat tajam sampai 400 persen dengan Value Rp. 84 Milliar,” ujar Lamon Rutten.

Sementara itu, Singapura sebagai tujuan penyimpanan timah asal Indonesia semester pertama tercatat mencapai 37 persen dibandingkan 2017. Sehingga, diperkirakan pada 2018 total ekspor Singapura berkurang sebanyak 26 persen. “Hal itu mencerminkan Singapura tidak lagi sebagai pusat penyimpanan timah dunia,” kata Lamon Rutten

Lamon Rutten optimis dengan penggunaan fasilitas baru untuk Finence dan manajemen resiko para smelters dapat lebih berinisiatif dan proaktif.

Terutama dalam menentukan harga timah yang baik dan tidak lagi mengikuti harga pasar. Sehingga, dapat terbentuknya harga yang relatif stabil, nilai transaksi ekspor timah Indonesia mengalami peningkatan tajam seperti pada tahun 2017 dan 2018.

“Kedepannya dalam rangka menjadikan Babel sebagai pusat penyimpanan timah dunia, kami memiliki program prioritas yakni menjalankan PLB dan fasilitas pembiayaan syariah timah. Serta, kontrak berjangka timahsebagai instrumen managemen resiko dan lindung nilai,” Imbuh Lamon Rutten.

Pertemuan yang dilangsungkan di Novotel Bangka Kamis (5/7/2018) tersebut selain dihadiri Presiden Komisaris ICDX, Presiden Komisaris ICH, Plt. Kepala Bappedti, Danlanal Babel, dan Dirut PT. Timah, juga dihadiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung.

Rutten menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Babel atas sinergitas mendukunf ICDX. Serta, instansi pemerintah terkait khususnya Bappedti, Kemendag, perpajakan, bea cukai, dan anggota ICDX.

“Mari terus bersatu dan melangkah bersama membangun Babel sebagai pusat timah dunia,” tutup Lamon Rutten.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman juga menyambut positif pencapaian Bursa Komoditi dan Devariatif Indonesia (BKDI) atau Indonesia Commodity Derivatives Exchange (ICDX).

“Saya menyambut baik halalbihalal ini dan terima kasih sudah berinisasi melakukan ini, karena mempunyai makna memperluas tali silaturahmi, dari kontra menjadi pro, dari pro menjadi lebih pro lagi,” ungkapnya.

Menurutnya Provinsi Babel akan mendapat manfaat yang lebih besar lagi dengan mengetuk hati para hati produsen untuk berbuat sebanyak-banyaknya bagi masyarakat Babel.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Babel bersama Komisaris Utama ICDX, Said Aqil Siraj juga memberikan bantuan kepada dua panti asuhan senilai Rp 165 juta. Gubernur Babel juga menerima cinderamata berupa karikatur dirinya dan istrinya. (Syafri Ario)

 

Loading...

LEAVE A REPLY